Id-Config Ingin Benahi Tata Kelola Internet Indonesia

Sejumlah organisasi masyarakat sipil (civil society organization/CSO) di Indonesia pada Rabu (12/12/2012) mengumumkan terbentuknya sekretariat bersama yang dinamakan
Indonesian CSOs Network For Internet Governance (Id-Config).

Id-Config adalah media pertukaran informasi antar sejumlah CSO di Indonesia yang memiliki kepedulian pada isu tata kelola Internet di Indonesia dalam lingkup kebebasan berekspresi online dan HAM.

Salah satu tugas Id-Config yang paling mendesak adalah menjembatani CSO terkait dengan sejumlah pemangku kepentingan majemuk (multi stakeholders) dalam menyukseskan agenda Internet Governance Forum (IGF) 2013.

IGF yang merupakan putaran ke-8 tersebut rencananya akan dilangsungkan di Bali pada Oktober 2013. Pelaksana dari IGF 2013 adalah para pemangku kepentingan majemuk, yaitu pemerintah, pelaku usaha, akademisi dan tentu saja termasuk CSO di dalamnya.

IGF mengemban mandat dari kesepakatan World Summit on the Information Society (WSIS) di Tunisia tahun 2005 sebagai forum dialog pemangku kepentingan majemuk berbagai negara untuk mendiskusikan beragam pendekatan tata kelola internet di dunia.

Sejak tahun 2006 hingga 2012, telah 7 kali IGF diselenggarakan bergantian di sejumlah negara.

Dalam jangka panjang, secara proaktif, terbuka dan independen, Id-Config akan terus melakukan berbagai upaya untuk memfasilitasi proses dialog yang transparan dan akuntabel antar para pemangku kepentingan majemuk guna mewujudkan tata kelola internet di Indonesia yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment