Kemenkominfo Luncurkan 2 mobil Canggih

Kemenkominfo baru saja mengenalkan dua mobil baru modifikasi pada hari senin (4/6) kemarin. Dua mobil yang diklaim canggih tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu melayani komunikasi di desa terpencil dan juga untuk menanggulangi bencana. Kemenkominfo sejauh ini membuat dua tipe mobil yang berjumlah belasan. Dua tipe tersebut adalah Mobil Unit Siaran (Desiminasi Informasi) dan Mobil Sistem Komunikasi Bencana.
Mobil Unit Siaran (Desiminasi Informasi)

Mobil Siaran keliling ditujukan untuk membantu sarana komunikasi di daerah terpencil. Mobil yang menghabiskan biaya Rp. 290 juta ini dilengkapi dengan berbagai peranti elektronik. Mobil ini dibekali dengansound system,mikrofon, sirene, laptop, genset, modem, internet, layar LCD, dan berbagai peralatan pendukung lainnya," jelas Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Freddy H Tulung di Jakarta, Senin (4/6)
Diharapkan dengan pengoperasian mobil ini mampu meminimalisir kesalahn informasi yang ada di daerah. 17 unit mobil siaran tersebut sudah diluncurkan di berbagai tempat seperti Tual, Alor, Raja Ampat dll.
Mobil Sistem Komunikasi Bencana

Mobil ini khusus ditujukan untuk menanggulangi saat terjadi bencana. Mobil ini dilengkapi teknologi tenaga surya untuk 35 jam, genset berkapasitas 16 jam, bensin bertenaga 8 jam , dan radio satelit. Mobil ini juga dilengkapi dengan Wi-Fi, smart Touch TV, printer, speaker, DVD player,mikrofon,mixer, dll.
Mobil yang menghabiskan biaya Rp. 1,1 miliar ini baru dibuat prototipnya, nantinya akan digunakan bersama dengan pihak BMKG dan BNPB. Direncanakan mobil ini hanya akan bersiaga di dua wilayah saja yaitu Jakarta dan Malang.

0 comments:

Post a Comment