eBay Larang Ramalan Kartu Tarot dan Sihir

Mulai 30 Agustus 2012, tak akan ada lagi tarot, kutukan, dan mantra.

eBay melarang penjualan layanan pembacaan Tarot
eBay melarang penjualan layanan pembacaan Tarot (REUTERS/ Bernardo Montoya)
VIVAnews - Situs e-commerce eBay akan melarang penjualan layanan ramalan dan hal-hal terkait sihir atau witchcraft. Larangan itu mulai berlaku pada 30 Agustus 2012.

Dengan demikian, mengutip BBC, tidak akan ada lagi penjualan terkait pembacaan kartu tarot, kutukan, dan pemberkatan. Hal-hal seperti itu akan masuk kategori "intangible" atau tak terlihat, yang akan disingkirkan dari situs yang juga dikenal melayani aksi lelang.

Sontak, larangan yang diberlakukan eBay ini menuai protes. Mengutip laman Wired, sebuah petisi online pun dilancarkan, dan telah mendapat tanda tangan sebanyak 1440 orang.

"Saya membeli mantra di eBay untuk membantu kerabat yang memiliki kesulitan di pekerjaan. Hasilnya menakjubkan," kata Michelle Hobbs dari Dorset.

"Jika anda percaya dengan hal semacam itu dan percaya itu bisa berhasil, seharusnya Anda diperbolehkan membelinya," lanjut Michelle.

Sedangkan pembelaan datang dari Michael Marshall, Vice President Merseyside Skeptics Society. "Saya pikir ini merupakan perlindungan yang utuh terhadap konsumen," ucap Michael.

Menurut Michael, kebijakan eBay dianggap tepat, sebab hal seperti tarot dan mantra sulit dibuktikan. "Sebagian besar akan menangis karena larangan ini, tapi hal-hal seperti tarot, mantra, dan kutukan, itu sangat tidak terbukti," ujarnya.

"Banyak pembaca kartu tarot yang percaya mereka punya kekuatan gaib, tapi ini tidak menjadikannya nyata," lanjut Michael.

Dalam keterangan di situsnya, eBay mengatakan jika pengguna tetap melakukan jual-beli hal semacam itu, maka akun mereka akan dibekukan.

0 comments:

Post a Comment