Pakai Ponsel, Perempuan India Lacak Pemerkosa


Nexus 4, smartphone besutan Google dan LG (Ilustrasi)
Biasanya, ponsel pintar digunakan untuk memenuhi kebutuhan hiburan, komunikasi atau mendukung pekerjaan.

Tapi, India punya cerita berbeda. Saat ini, sebagian besar perempuan di sana menggunakan ponsel pintar mereka sebagai alat pelindung sekaligus pengawas dari ancaman para pemerkosa.

Beberapa waktu lalu, rangkaian pemerkosaan terjadi di dalam bus dan sempat menyita perhatian dunia. Bulan Desember silam, seorang mahasiswi kedokteran India diperkosa kawanan pria bejat di dalam bus. Kejadian ini pun menimbulkan amarah warga, dan membuat perempuan di India menjadi ekstra waspada.

Gizmodo melansir, Senin 4 Maret 2013, peristiwa tersebut menginspirasi empat perempuan di India untuk menciptakan situs keamanan, Safecity.in, yang merupakan forum untuk mengadu pelecehan. Cukup mengklik 'Pin the Creeps', siapapun bisa memberikan kabar secara real-time tentang lokasi terjadinya kejahatan.

Elsa D'Silva, pendiri situs yang berbasis di Mumbai ini mengatakan, media sosial telah menjadi ruang baru bagi perempuan untuk berbicara. Di sini, Anda bisa mengirimkan kabar pada orang lain dari daerah yang berbahaya.

Sangat menarik, karena perempuan India tidak perlu mencantumkan identitas mereka atau membuat keluhan pada polisi.

"Sekarang perempuan merasa lebih berdaya untuk melakukan sesuatu. Di sini Anda juga bisa berbagi pengalaman. Kami tidak akan tinggal diam," kata D'Silva, dilansir Business Insider.

SafeCity bekerja sama dengan aplikasi SafeTrac, aplikasi Android yang menyediakan tombol kontak darurat dan memungkinan kontak yang didaftarkan melacak posisinya.

Aplikasi serupa juga muncul, seperti FightBack dan ICE (In Case of Emergency). Aplikasi-aplikasi ini diproduksi oleh polisi New Delhi, dan mulai secara luas digunakan guna menekan angka kejahatan pelecehan atau bahkan pemerkosaan.

Namun, tentu saja situs dan aplikasi ini ada kekurangan. Ya, karena berupa situs dan aplikasi, tentu yang bisa menjangkaunya hanya mereka yang mempunyai ponsel cerdas.

0 comments:

Post a Comment