Quick Count, Instant Feedback Dalam 'Game Politik'


Minggu lalu sebagian besar masyarakat Jawa Barat, termasuk Saya, mengikuti dan menikmati proses pemilihan Kepala Daerah.

Proses tersebut bisa lebih mudah dinikmati karena kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengetahui siapa yang menjadi pemenangnya hal ini dimungkinkan dengan adanya quick count atau proses perhitungan cepat.

Perasaan bahwa kita tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil dari aktivitas yang kita lakukan sungguh menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagian besar media bahkan menjadikan proses perhitungan cepat menjadi salah satu acara utama pada hari minggu lalu, yang artinya mereka juga percaya bahwa proses tersebut memiliki daya tarik yang cukup tinggi.

Pertanyaannya, mengapa kemudian semua hal tersebut (perhitungan cepat) menjadi sedemikian menarik?

Setiap game umumnya memiliki kemampuan untuk memberikan instant feedback, dimana dalam rentang waktu tidak terlalu lama (umumnya bahkan saat itu juga) setiap pemain mendapatkan feedback berupa poin atau hal lain yang merupakan konsekuensi dari keputusannya.

Instant feedback ini menjadi salah satu daya tarik utama dalam setiap game, bahkan lebih dari itu -- instant feedback ini juga berperan sebagai motivator.

Ketika kita yakin bahwa setiap keputusan kita berpengaruh dan kita kemudian bisa melihat pengaruh tersebut dalam waktu tidak terlalu lama maka kita akan termotivasi untuk terus melakukan keputusan/aksi yang lebih baik pada kesempatan berikutnya.

Dari sudut pandang game designer, quick count dalam setiap pesta demokrasi kita adalah sebuah bentuk implementasi instant feedback di bidang politik -- dan ia terbukti bisa menghadirkan daya tarik dan efek yang luar biasa.

Proses perhitungan cepat memberi warna baru dalam pesta demokrasi kita, menghadirkan motivasi tambahan, serta menjadi pegangan berarti untuk menghindarkan kecurangan.

Bayangkan jika instant feedback bisa diimplementasikan di banyak bidang lain -- kesehatan, pendidikan, gerakan sosial. Mungkin ada banyak hal luar biasa yang akan hadir.

Instant feedback adalah salah satu unsur dalam game. Ada banyak aspek dalam sebuah game yang bisa kita pelajari dan implementasikan di berbagai bidang, dengan design yang tepat penulis yakin banyak efek positif yang mampu dihadirkan.

0 comments:

Post a Comment