Transaksi MBC 2013 Ditargetkan Rp680 Miliar

Mega Bazaar Komputer 2011

Penyelenggaraan Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 diharapkan dapat memecahkan rekor transaksi pameran tahun lalu. MBC menargetkan kenaikan total transaksi sebesar 3-5 persen atau Rp19,5-32 miliar, dari transaksi tahun lalu menjadi Rp680 miliar.

Pada penyelenggaraan tahun lalu, MBC berhasil menyedot 466.067 pengunjung dari delapan kota penyelenggara, dan mencatat total transaksi Rp650 miliar. Banyak hadirnya teknologi terbaru dari tren gadget diharapkan memicu animo pengunjung, sehingga akan melampaui jumlah tahun lalu.

Sementara itu, dari sisi pengunjung, MBC tahun ini juga mengharapkan kenaikan dibandingkan tahun lalu.

"Secara nasional, kami menargetkan pertumbuhan pengunjung 10-15 persen," ujar Vista Limbong, General Manager Dyandra Promosindo, penyelenggara MBC 2013 di sela konferensi pers, di Jakarta, Rabu 6 Maret 2013.

Dari statistik tersebut, penyelenggaraan MBC di Jakarta masih mendominasi transaksi maupun jumlah pengunjung. Pada MBC 2012, di Jakarta sukses membukukan transaksi Rp608 miliar dengan total pengunjung 216.444 orang. Sisanya disumbangkan oleh MBC di daerah-daerah.

"Di daerah kami terkendala venue, tidak seluas seperti JCC ini. Kami berharap daerah-daerah segera membangun venue yang besar dan bisa menampung ribuan orang," kata Bambang Setiawan, Chief Operational Officer Dyandra Promosindo, di tempat yang sama.

Bambang menambahkan, penentu pengunjung bukan hanya venue, tapi juga kategori produk yang dipamerkan. Apalagi, pasar TI saat ini mulai tumbuh di daerah. Pengaruh dominasi kontribusi MBC Jakarta juga karena perbedaan karakter.

"Karakter ibu kota dengan daerah berbeda dari sisi pendapatan dan minatnya," kata Bambang.

Dominasi Smartphone dan Tablet PC

Dari sisi kontribusi produk, Vista memprediksi penjualan produk kedua kategori ini akan meningkat pada MBC tahun ini, seiring berubahnya tren TI ke arah perangkat bergerak.

"Produk smartphone dan tablet bisa menguasai 30-40 persen transaksi," ramal Vista.

Alasannya, saat ini, tidak sedikit perusahaan komputer yang mulai terjun ke arena smartphone maupun tablet. Dengan perubahan tren ini, adopsi smartphone dan komputer tablet bisa mencapai 10 sampai 12 persen pada MBC tahun ini.

0 comments:

Post a Comment