Beginilah foto rekaman proses pembuatan tablet iPad di pabriknya

Dibalik keindahan desain, fitur dan semuanya tentang gadget keluaran Apple yang bernama iPad ini ternyata menyimpan proses panjang mulai dari pembuatan di pariknya sampai ke tangan pemakai.
foto proses pembuatan tablet ipad, gambar kemasan ipad, tablet pc paling laris, gadget terbaru apple

iPad dibuat di pabrik Foxconn yang berlokasi di China. Pabrik ini sempat dilanda isu miring di mana karyawan diminta bekerja di luar batas ataupun gaji yang rendah. Apple sendiri kemudian berjanji akan memperbaiki kondisi tersebut.

Rob Schmitz dari stasiun radio publik Marketplace adalah wartawan yang beruntung diberi kesempatan meliput dan masuk ke tempat produksi iPad. Ia turut merekam bagaimana aktivitas para pekerja kala merakit iPad di Shenzen, China. Pabrik ini mempekerjakan ratusan ribu pekerja.

Berikut rekaman aktivitas karyawan kala merakit iPad di pabrik Foxconn tersebut:

Mengantre

Tampak ratusan pekerja mengantre dengan tertib untuk memasuki bangunan pabrik Foxconn. Pabrik di Shenzen ini sangat besar dan memang memiliki sangat banyak pekerja. Bayangkan, jumlahnya diperkirakan sekitar 240 ribu orang. Selain merakit iPad, berbagai gadget lain juga dibuat di sini.

Komponen

Seorang pekerja tampak serius menambahkan berbagai komponen di bagian belakang bodi Apple iPad yang masih belum ditutup dengan casing. Pengerjaan iPad di Foxconn banyak melibatkan tenaga manusia maupun mesin.

Mesin

Ini adalah salah satu mesin yang bertugas untuk merakit iPad. Berbagai komponen akan ditambahkan kemudian dengan tenaga manusia. Karyawan di Foxconn bekerja dalam sistem shift selama 10 jam untuk satu kali shift.

Uji Coba

Di bagian ini, iPad diujicoba apakah bagian layarnya dapat berfungsi dengan normal dan tidak ada cacatnya. Tampak para pekerja pabrik Foxconn semuanya mengenakan seragam dan tutup kepala berwarna putih.

Pengemasan

Sebelum dikemas, iPad dibungkus dengan plastik untuk mencegah kerusakan atau goresan dalam kemasannya. Pekerja di sini dipastikan akan semakin sibuk dengan pengerjaan iPad generasi selanjutnya dan juga smatrtphone iPhone 5.

Relaksasi

Meski dikabarkan mengabaikan hak-hak pekerja, ternyata ada beberapa fasilitas disediakan untuk karyawan demi mengurangi stress kala bekerja. Tampak di gambar para pegawai Foxconn asyik bermain sepakbola di lapangan yang cukup luas. Fasilitas lain termasuk kolam renang, lapangan tenis dan pusat kebugaran.

0 comments:

Post a Comment