Ratusan Siswa Lomba Utak-Atik Robot di Olimpiade

Pemenang akan mewakili Indonesia di Olimpiade Robot Dunia.

Kontes Robot Indonesia 2012 silam
Kontes Robot Indonesia 2012 silam (ANTARA/ Agus Bebeng)

VIVAnews - Komunitas pengembang robotik Mikrobot kembali menyelenggarakan Indonesia Robotic Olympiad tahun ini. Olimpiade robotik ini diadakan untuk yang ke 9 kalinya di gedung Smesco, Jakarta, Sabtu 8 September 2012.

Ketua panitia Olimpiade Robotik, Bambang Rusli, mengatakan kalau acara olimpiade robotik ini diselenggarakan untuk menuju World Robot Olympiad 2013 yang juga akan dilaksanakan di Indonesia.  IRO tahun ini menurut Bambang diikuti oleh 364 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
"Nantinya 364 peserta ini akan memperebutkan tiket untuk mewakili Indonesia di ajang World Robot Olympiad 2012 yang akan dilaksanakan di Malaysia," ujarnya.

Tim yang terpilih nantinya, menurut Bambang, akan bersaing dengan 35 negara lainnya. Kompetisi ini dibagi menjadi tiga kategori.

"Kategorinya ada step forward untuk tingkat SD, regular category yang juga dibagi menjadi tiga kelas lainnya yaitu SD, SMP dan SMA dan yang terakhir adalah open category," jelas Bambang.

Untuk kategori step forward,  peserta ditantang untuk merakit robot berkaki dan akhirnya diadu dengan tim lain. Siapa yang paling cepat mencapai garis finish muncul sebagai pemenang.

Untuk regular category, tingkat kesulitannya bertingkat dari merakit sampai memprogram robot untuk menjatuhkan bola di kotak dengan warna tertentu.

"Sedangkan untuk open category peserta dituntut untuk memprogram robot yang unik dan kreatif tanpa ada batasan bahan yang digunakan," katanya.
Sumber : Vivanews

0 comments:

Post a Comment