Beraneka Jenis Robot Unjuk Gigi di Olimpiade

Dari memanjat kelapa hingga penebang pohon tampil pamer kebolehan.

Pelajar unjuk kebolehan merakit robot
Pelajar unjuk kebolehan merakit robot (Tudji Martudji| Surabaya)

VIVAnews - Berbagai rupa robot hadir dalam Olimpiade Robot Indonesia tahun ini. Mulai dari robot pemanjat kelapa, penebang pohon, penaruh buku di rak, pencari kabel rusak di langit-langit, sampai robot yang bisa membuat manusia bermain angklung tanpa menyentuh, berlomba-lomba menunjukkan kebolehan.

Semua robot tersebut adalah kreasi baru anak bangsa yang ikut dalam kelas umum Olimpiade Robot Indonesia 2012 yang menampilkan perlombaan merakit dan merancang robot baru, di Wisma Smesco, Jakarta, Sabtu 8 September 2012.

Kebanyakan dari peserta olimpiade ini adalah pelajar sekolah dasar, menengah, dan atas. Dari pengamatan VIVAnews hanya dua tim saja yang berada di kategori umum yang berasal dari perguruan tinggi dan edukator robot. Mereka adalah mahasiswa dari Institut Tekhnologi Bandung dan juga dari Robotics Education Centre.

Ketua pelaksana Olimpiade Robot Indonesia, Bambang Rusli, mengatakan kalau olimpiade robotik ini memang sengaja diadakan untuk merangsang palajar-pelajar terutama mereka yang masih di sekolah dasar untuk tertarik ke dunia tekhnologi.

"Kami berharap dari para peserta ini nantinya bisa melahirkan tekhnologi-tekhnologi baru yang bisa membuat Indonesia bangga," kata Bambang.

Untuk kategori umum menurut Bambang pesertanya memang lebih sedikit. Karena pada kategori ini yang diuji bukan lagi kecepatan merakit ataupun memfungsikan robot.

"Untuk kelas umum tantangannya adalah menjelaskan bagaimana robot yang mereka buat berfungsi dengan baik dan bisa memudahkan," katanya.
Sumber : Vivanews

0 comments:

Post a Comment